1.27.2010

Maryamah Karpov Jilid II, Coming Soon !!

Kemarin, waktu lagi "jalan - jalan " di kaskus, saya menemukan sebuah thread yang menyatakan bahwa akan ada novel Maryamah Karpov Jilid 2. Di sana tertulis "Maryamah Karpov Jilid 2 Coming Soon". Karena penasaran setelah membaca thread tersebut, saya kemudian browsing di Gugel, dan akhirnya setelah mencari ke sana kemari saya mendapatkan kesimpulan (sementara) bahwa buku novel Maryamah Karpov jilid 2 yang merupakan lanjutan dari kisah di buku novel Maryamah Karpov itu tidak akan diterbitkan !!Hmmm....benarkah ? bingung

Kecewa, penasaran. Jelas ada dalam pikiran saya. Sebagai salah seorang penggemar berat buku - buku Andrea Hirata saya merasa kecewa ketika tau kalau novel itu tidak akan diterbitkan. Berikut saya copy pernyataan Andrea Hirata dari blog nya Pak Tanzil,

“Untuk itu saya mencoba mengkonfirmasikan hal ini langsung pada Andrea Hirata. Dalam perbincangan telponnya, Andrea menegaskan bahwa Maryamah Karpov memang dibuat menjadi dua jilid. Jilid pertama yang sekarang telah terbit memang tak banyak membicarakan Maryamah Karpov karena di jilid ini Andrea bermaksud membangun karakter tokoh-tokoh yang kelak akan dimatangkan di jilid keduanya. Dan di jilid keduanyalah Maryamah Karpov akan banyak berperan. Namun sangat disayangkan, dengan tegas Andrea menyatakan bahwa hingga saat ini jilid 2 Maryamah Karpov tidak akan diterbitkan !. Andrea mengungkapkan bahwa ada berbagai pertimbangan yang menyebabkan ia terpaksa menolak untuk menerbitkan Maryamah Karpov jilid 2 dan memilih ‘menghilang’ sementara dari dunia kepenulisan. Pertimbangan apa? Daripada saya salah mengutip pernyataan Andrea yang disampaikan pada saya lewat telpon, biarlah Andrea atau Renjana Organizer sendiri yang akan menjelaskannya pada publik kelak karena pembaca Tetralogi Laskar Pelangi butuh penjelasan yang tuntas dari penulis mengenai tidak tuntasnya novel pamungkas ini”

Untuk membaca lebih lengkap silahkan kunjungi blog Pak Tanzil di sini.


Masih merasa belum percaya setelah mengunjungi blog Pak Tanzil, saya mencoba berkunjung langsung ke situs pribadi Andrea Hirata di sini. Dan, berikut pernyataan dari Andrea :

" Maryamah Karpov 2 baru saja selesai. Senang rasanya bisa kembali menulis sebuah novel kultural. Selama menulis Maryamah Karpov 2 aku menemukan sensasi seperti dulu aku menulis Laskar Pelangi. Karena didalamnya kembali aku dapat membenturkan sosiologi dan sains. Dan cerita ini berhubungan dengan masa kecil serta orang-orang yang pernah dekat denganku.
Maryamah Karpov 2 sebenarnya punya anak judul seperti cerita sebelumnya Maryamah Karpov – Mimpi-mimpi Lintang. Namun aku tidak bisa memberitahukannya sekarang untuk menghindari pembajakan seperti dulu."


Hmmm.......harapan saya semoga semua ini hanya sebuah isu belaka, dan semoga Maryamah Karpov jilid 2 ini akan diterbitkan. Kepada seluruh penggemar novel Andrea Hirata, selamat penasaran .....hohohohohohohohohohohoho

2 komentar:

  1. Waktu yang jilid 1 nya saya punya nih novel nya. Tapi belum semua tuntas karena keburu banyak buku dilan yang melonjak. Jadi saya nerusin dilan dulu dan mau mulai baca lagi yg ini

    BalasHapus
  2. Mungkin kalau enggak di terbitkan melalui buku pasti akan di terbitkan melalui Pdf mungkin min. Atau bisa jadi yang jilid II akan di filmkan. Hehehe

    BalasHapus

TEMBOK KESOMBONGAN

"We build too many walls and not enough bridges" (Kita terlalu banyak membangun dinding, dan tak cukup banyak membangun jembatan...